Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah

Tags

Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah

Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah -   bagaimana Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah? Apa Bisa ? Bisa lah....Berikut Tutorial "Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah" Versi Mamang...Iklan Fb Merupakan Cara terbaik untuk mempromosikan Barang Atau Jasa ..Cukup Dengan Biaya 1 Rupiah Anda Bisa Membuat Fb Ads "Namanya Juga Fb Ads 1 Rupiah"
Cara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah

Tentang FB Ads?  Saya baru mengenal FB Ads beberapa bulan yang lalu, pertama dikenalkan oleh salah satu teman saya bernama Irwan Syah.
Saya mencoba banyak sekali split test untuk mengetahui lebih dalam tentang FB Ads, dan asal anda tau saja, untuk membuat ebook ini saya menghabiskan dana sekitar $50 dalam 1 minggu hanya untuk Split Test FB Ads! Uang segitu sebenarnya bagi saya sangat berharga, saya bisa hidup selama 2 minggu untuk makan dengan uang $50, tapi hanya untuk split test melengkapi Tutor ini saya menghabiskan $50 dalam seminggu. 


Cara saya mendapatkaCara Mudah Buat FB Ads 1 Rupiah

I. Awalan FB Ads

Untuk pemasangan FB Ads, metode pembayarannya bisa menggunakan CC, VCC, ataupun Paypal. Oke, saya anggap anda sudah mengerti seluk-beluk metode pembayaran diatas karena inti pembahasan saya sebenarnya bukan disitu, dan saya tidak begitu mudeng tentang metode pembayaran FB Ads dan cuman menyerahkan akan hal itu sama teman baik saya.

Oke, kita langsung aja lanjut pada materinya ya :D Simak baik-baik nih :p

Pemasangan FB Ads :

Nah, ini metode pemasangan FB Ads bagi pemula. Yang sudah mudeng boleh skip aja biar gak bosan. Hehehee :D

1.Login FB > Masuk ke Dashboar FB Ads

2.Klik Tombol “Create Ad” yang ada di paling pojok kanan atas.


3. Nah, kemudian masuk ke halaman seperti dibawah ini.

Penjelasan:

Page Post Engagement : Untuk menambah post engangement pada suatu fanspage. Page Likes : Untuk menambah Likes pada suatu Fanspage

Click to Website : Seperti PPC, tapi saya kurang paham akan hal ini karena jarang saya pake.

Website Conversions, App Install, App Engagement, Event Responses, Offer Claim : jarang saya pake juga. Mungkin di split test selanjutnya saya akan mendalami seluk- beluk tentang itu.


4. Nah, contoh kali ini saya coba menggunakan “Post Engangement” dulu. Ingat, hanya sebagai contoh saja! Klik Page Post Engagement > Pilih Post yang mau di boost pake FB Ads > Klik Continue.



Penjelasan :

1.Kolom Audience yang bisa anda masukkan UID target Audience Iklan anda. Pembahasan lebih lanjutnya nanti akan saya bahas di Bab selanjutnya.

2.Kolom Segmentasi (http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar) memuat beberapa Informasi yang digunakan sebagai Target Audience Iklan anda. Ok, nanti kita bahas lebih detail pada Bab selanjutnya.

3.Kolom Interest : penargetan Audience Iklan anda berdasarkan Interest/Kesukaan/Minat

4.Kolom Behaviors (http://id.wikipedia.org/wiki/Behaviorisme) : Untuk menarget Audience iklan anda berdasarkan Pola Perilaku sang target audience itu sendiri.

5.Connections : Untuk mensetting penargetan Audience yang akan melihat Iklan anda.

6.Audience Definition : Parameter untuk mengetahui seberapa detil penargetan Audience anda.

Ini adalah form “Campaign and Ad Set” dan “Bidding and Pricing”

Penjelasan :

1.Campaign : Kolom Campaign yang akan anda buat.

2.Ad Set Name : Kolom Nama Iklan yang akan anda buat, biasanya ini akan muncul otomatis jadi gak perlu utak-atik bagian sini.

3.Budget : kolom yang berisi budget untuk Iklan anda.

4.Schedule : Jika anda ingin mensetting kapan iklan anda aktif.

5.Bidding and Pricing : Hemm, abaikan saja kolom ini karena akan lebih membuat rumit dan pusing :D

5.Nah, jika semua kolom sudah terisi dan anda benar-benar yakin, maka klik saja Place Order lalu tunggu Review dari facebook. Jika di accept iklan bisa jalan.


II. Penargetan

Nah, kali ini kita mulai masuk pada inti pembahasan ebook ini. Untuk penargetan sendiri saya biasa menggunakan 2 Teknik, yaitu dengan UID maupun tanpa UID atau hanya menggunakan kolom Segmentasi, Interest, dan Behaviors untuk target audience Iklan saya. Oh ya, apa itu UID? UID seperti kode unik pada setiap akun Facebook, nah jika memakai Target UID hanya menampilkan iklan pada target-target yang sudah kita ambil UID-nya.

A. Tanpa Target UID

Siapa bilang kalo tanpa UID hasilnya kurang maksimal? Itu tergantung bagaimana anda dan ad copy yang anda gunakan. Marketing itu berhungan erat dengan psikologi, karena apa? Ya, karena marketing juga berhubungan dengan kebiasan, pola hidup, lingkungan, gender, umur, interest, dan masih banyak lagi. Karena semua faktor itu mempengaruhi keinginan membeli dan daya beli pada setiap orang.

Oke, contoh gampangnya gini :

Ada orang bernama Andi, dia suka bermain bola. Umurnya baru 17 tahun, dia tinggal di sebuah perumahan elit di jakarta. Orang tuanya seorang pengusaha batu bara, dan dia sering menggunakan MacBook kesayangannya pada saat membuka Facebook.

Nah, setelah mengetahui profil orang diatas apa yang bisa disimpulkan? Apa saja yang kemungkinan dibeli oleh andi?

Andi mungkin membeli : Sepatu bola, kaos bola, game sepakbola, sekolah sepak bola, dll.

Ok, setelah itu berapa kira-kira anggaran yang akan Andi keluarkan untuk membeli

produk yang anda tawarkan? Untuk hal ini saya harap anda bisa estimasi sendiri berapa nominalnya dengan latar belakang yang seperti itu.
    

Apakah sudah mengerti pembahasan saya diatas? Hahahaa :D Pusing? Pening? Puyeng? Sama! :p

Intinya gini, kenali dulu apa produk/iklan yang akan anda tawarkan. Kenali dulu target Audience yang akan anda bidik untuk iklan anda.

Hal-Hal penting yang harus anda perhatikan dari Target anda :

1.Latar belakang

2.Lingkungan dia tinggal

3.Umur

4.Gender

5.Interest

6.Kebiasaan/Pola Hidup

7.Daya beli

8.Dan masih banyak lagi...

Karena pada setiap detil dalam kehidupan orang lain akan memberi efek pola pikir tersendiri pada sesuatu, juga hanya terhadap barang apa yang diminati dan ingin dibelinya.

B. Dengan Target UID

Kali ini dengan target audience yang lebih spesifik menggunakan UID facebook. Nah, untuk mengetahui UID facebook target anda maka cobalah memakai tool ini : http://findmyfacebookuid.com/. Nah, kelemahannya di tool tersebut harus memasukan Target satu-persatu. Capek? Iya? Sama! :p hahahaa :D

Kalo saya sendiri sering menggunakan tool grab UID buatan temen saya sendiri, tapi sayangnya tool ini tidak boleh disebarkan ataupun dijual. Hehehee. :D Ok tenang, masih ada tool lainnya untuk grab UID facebook ini secara cepat, yaitu menggunakan tool “FB Grab” milik Agan Khalid disini : http://mbendoll.net/toolsfb

Tapi sayangnya lagi, tool ini berbayar. Ok tenang-tenang, saya udah minta Kupon Diskon kok sama Agan Khalid. Yap, Kupon diskonnya 25%. Lumayanlah daripada





enggak hayoo :p Mau kupon diskonnya? Pake Kupon Diskon : MBENDOLL45 pada

setiap pembelian. Awas jangan salah tulis ya, ntar malah kuponnya gak valid :p



III.Ad Copy

Apa itu Ad copy? Ad copy adalah “Copywriting is the act of writing copy for the purpose of advertising or marketing a product, business, person, opinion or idea. The addressee of the copy is meant to be persuaded to buy the product advertised for, or subscribe to the viewpoint the text shares.” (sumber : http://goo.gl/QwZnTC). Bisa disimpulkan sendiri bahwa Ad copy adalah kata-kata yang digunakan pada iklan tersebut.

Untuk Ad Copy sendiri gunakan kata-kata ajakan, kata-kata bombastis, atau berikan kata-kata yang membuat penasaran, intinya membuat audience kita tertarik dengan iklan yang kita berikan.

Contoh :

“Jangan ngaku pecinta Fotografi sejati, kalau belum gabung disini!”

“Diskon Gila! Baju kamera cuman 50rban??!!”

...dan masih banyak lagi, silahkan berkreatifitas dengan kata-katamu sendiri. Anda perlu ingat, perhatikan target audience anda juga dalam pemilihan Ad Copy yang tepat. Karena beda umur, gender, latar belakang, atau interest akan berbeda pandangan

dalam menyikapi kata-kata yang anda buat.


IV. Graphics Design

Oke, setelah tadi tentang pembahasan Ad Copy, saatnya kali ini kita membahas

graphic yang tepat dalam pembuatan Iklan FB Ads. Intinya, buat desain gambar yang

eye catching. Sehingga mata target audience anda langsung
terarah pada iklan anda.

Inilah beberapa tips membuat desain gambar :

1.Simple

2.Eye Catching

3.Jelas

4.Lebih baik tambahkan kata-kata secukupnya

5.Maksud & Tujuan tersampaikan

Biasanya disini kita pake image sebagai tambahan menambah cantik iklan yang saya

pakai. Selain itu saya juga menambah beberapa kata “Call to Action” terhadap iklan

saya. Anda bisa melihat contonya pada study case 2 di BAB selanjutnya.

Nah, selain itu ada terobosan terbaru nih dari salah satu terobosan menarik dari mastah vendor Indonesia. yang membantu iklan/post anda menjadi lebih atraktif ditambah dengan berbagai media seperti video , product post, ataupun slide show presentation.


Nah, menarik kan? Tentunya membuat posting anda terlihat lebih menarik. Harganya cukup murah juga, hanya $47/tahun. Dengan fitur yg sangat powerfull tersebut harga segitu sangat murah kok.  Jika, anda beli lewat link yg saya sediakan diatas (signup new member + clear cache) saya akan memberikan bonus yaitu : jasa pemasangan iklan fb ads gratis! (tidak termasuk budget iklan) Jadi, anda hanya mengganti budget iklan pada fb ads. Asal anda tau saja loh, di forum sebelah jasa pemasangan iklan fb ads bayar sekitar 200rb-an dan itupun belum termasuk budget iklannya. Dan saya sendiri sebernarnya juga menerima jasa pemasangan iklan berbayar bersama teman saya. Kalo mau pasang iklan fb ads atau jasa like bisa deh contact ke saya (modus dikit. Hahahaa)

Untuk informasi lebih lanjut anda bisa contact saya pada : mbendoll.corp@gmail.com



V. STUDY CASE

Study Case 1 : Post Engagement

Oke, kali ini memasuki tahap study case pada ebook kali ini. Nah, ini yang sudah saya lakukan pada beberapa iklan saya.

1. Target Audience

Jenis Iklan : Bahaya Softlens

Negara : ID (broad)

Gender : Female

Age : 16-31 (ini asal aja karena masih split test :p )

Nah, sekarang mulai pada Interest. Kali ini saya menargetkan pada 2 merk softlens yang cukup terkenal. Logika saja, jika orang sudah LIKE pada sebuah merk tentunya dia menyukai produk yang ditawarkan oleh merk tersebut, bahkan sering membeli dan memakai produk tersebut.

Kira-kira seperti ini target Audience saya pada waktu itu :

Oke, terlihat pada spedometer diatas masih belum spesifik target Audience dari saya. Dan tetep saya hajar aja! Hahahaa :D

2. Ad Copy

Untuk ad copy sendiri saya menggunakan yang bombastis. Seakan-akan dunia akan hancur jika si target audience tidak membaca iklan dari saya. Hahahaa :D

Inilah Ad Copy yang saya pakai :

“[WARNING] Ternyata Softlens Dapat Menyebabkan BUTA?

Ternyata Softlens Dapat Menyebabkan Kebutaan? Baca beberapa ulasan Bahaya Softlens yang Wajib Kita Ketahui. Karena ini penting!”

Bayangkan saja, dengan target Audience yang notabene sebagian besar adalah pemakai produk dan saya mengiklankan bahaya pemakaian berlebihan akan produk itu. Ok, saya kali ini tidak menyarankan untuk merusak pasaran produk orang lain ya? Karena ini hanya study case dan juga isinya juga hanya tentang Informasi bukan penyerangan terhadap suatu merk produk.

3. Image

Untuk Image sendiri tak kalah penting dengan Ad Copy, kali ini saya menggunakan image yang eye catching dengan border warna merah. Sudah terbukti pada kehidupan sehari-hari bahwa anda pasti lebih melirik cewek berbaju merah yang kelihatan lebih eye catching daripada cewek berbaju lainnya. Yup, silahkan simpulkan sendiri. :p

Dan inilah hasil menggunakan teknik diatas :

Study Case 2:

Page Like

Nah, sekarang saatnya anda siapkan target audience anda yang akan di grab UID nya memakai Tools





diatas. Nah, untuk pemilihan target audience ini juga sama seperti apa yang sudah saya katakan diatas. Kali ini saya berpacu pada Interest dan hal-hal fanatik.

Ok, kali ini saya pakai niche Interest “Hijab”, dan sebisa saya membuat mereka yang interest menjadi fanatik dan bisa di-jejeli produk-produk yang tidak berkaitan langsung dengan hijab. Hemm, taukah anda produk apa yang saya pikirkan? Coba buat PR aja ya.. Hahahahaa :p



1. Grab UID Target Audience

Pertama-tama masuk pada https://www.facebook.com/search/users/all, lalu setting target yang akan anda grab UIDnya melalui panel setting yg paling kanan. Lihat jelasnya dibawah ini :

Nah, disitu tinggal sesuaikan dengan Informasi calon target audience anda. Misal : Gender = Male, Relationship = Single, dan masih banyak lagi. Kalo saya sendiri cuman biasa memakai kolom “Like and Interest” untuk mencari target Audience.

Disitu kita bisa mencari target audience yg menyukai fanspage tertentu, follow orang- orang tertentu, admin grup/fanspage tertentu, member dari grup tertentu, dan aplikasi yang sering mereka gunakan. Nah, dari situ kita bisa menemukan banyak yang mereka





sukai. Lalu gunakan tool grab UID pilihan anda, seperti yang saya sarankan diatas. Gunakan saja tool http://mbendoll.net/toolsfb (Kupon Diskon: MBENDOLL45) untuk mempermudah pekerjaan anda.

2. Upload UID Target Audience

Nah, setelah tadi grab UID target Audience kita sekarang saatnya kita upload UID tersebut. Begini caranya :

1.Masuk ke https://www.facebook.com/ads/manage/, kemudian klik pada panel

“Audiences” paling kiri.

Kemudian klik tombol “Create Audience” di paling kanan.

2.Akan muncul Pop-up seperti di bawah ini lalu pilih “Data File Custom Audience”.

3.Lalu isikan data dan upload UID pada form berikut ini :




Penjelasan :

Nama : isi nama UID yang dikehendaki

Deskripsi : Isi deskripsi audience yg dikehendaki

Data Type : Pilih “Data Type” yang dikehendaki, pada tutorial kali ini menggunakan UID maka pilih “User IDs”.

Choose File : Upload file txt yg berisi UID disitu

4.Klik “Create Audience”, dan tunggu hingga Audience anda di approve pihak FB.

3.Pemasangan Iklan

Klik Tombol “Create Ad” seperti tutorial sebelumnya. Lalu isikan form sesuai seperti tutorial sebelumnya, hanya bedanya kali ini isikan pada kolom “Custom Audiences” sesuai nama Audience yg sudah kita upload tadi.

4. Penargetan

Kali ini ini saya menggunakan Target seperti ini : Target Audience : Hasil Grab UID





Location : ID

Gender : Female

Age : 17 <

Karena ini udah pake Grab UID sebagai target Audience tentunya sudah tertarget jadi gak usah ribet lagi pada bagian Interest atau yg lainnya, kalo mau diutek-utek lagi silahkan.

5. Ad Copy

Untuk ad copy yang saya pakai disini berisi ajakan untuk bergabung pada fanspage yang saya iklankan. Simple, tapi harus memiliki power tersendiri. Silahkan berkreatifitas membuat kata-kata sendiri hanya dengan “90 karakter”. Intinya : simple, ngena, call to action

6. Image

Kali ini saya menggunakan image yang simple dan eye catching dengan perpaduan warna hijau & pink cerah. Dengan dipadukan kata-kata ajakan di dalamnya, dan disertai tanda panah berwarna merah menunjuk pada tombol like fanspage. Oke, katanya orang-orang kan tanda panah dilarang oleh facebook ya? Saya sudah buktikan sendiri dan itu masih aman. Jadi, kalo anda pake tanda panah ternyata kenapa-kenapa berarti itu faktor face. Hahahaa :p

Nah, berikut ini adalah contoh image yang saya pakai dalam campaign Page Likes.

MASIH KURANG ? DOWNLOAD EBOOKNYA DISINI !! GRATISS



Terlihat simple, eye catching dan to the point! Tambahkan beberapa kata dan image “call to action” untuk menambah konversi anda.

-----TAMAT-----

Bagaimana? Masih ada yg bingung tentang FB Ads? Jika masih ada yg bingung silahkan contact saya di : mbendoll.corp@gmail.com

Saya akan memberikan bantuan sebisa yang saya mampu dan saya tidak mematok biaya untuk apapun, kecuali masih dalam batas wajar.

Sekian dan Terimakasih,

Borisando Sayoga (Mbendoll)

Oya, jangan lupa gabung di Grup FB juga yak di :

https://bit.ly/farisigroup

Eh, untuk anda yang masih sangat minim budget untuk belajar FB Ads, cobain deh teknik dari temen saya. Dia adalah partner saya dalam bidang Facebook Marketing. Kemampuannya mengolah facebook untuk menjadi sales sungguh luar biasa meskipun




dengan cara simple-nya. Bahkan setiap ide simple-nya membuat ane berkata “Anjiiir, gak kepikiran yak..” wkakakaa ini serius. LOL :D

Nih, lihat beberapa materi-nya :p

Banyak dari materi tersebut yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, wkakakaa, ane sampe geleng-geleng methode se simple itu kok bisa ya jadi powerfull. LOL.

Nah, Selain Fb ads anda Juga wajib Punya AUTO RESPONDER

Harga untuk cukup lumayan mahal, apalagi yang Internasional seperti: Aweber, MailChimp, Getresponse dll (dan lupa lagi hehe)

Ya anda harus membayar sampai Jutaan Setiap Bulan beuhh

Tapi Untungnya ada Mail Pro anda Cukup bayar sekali Untuk seumur hidup dan meningkatkan omset anda…